Senin, 15 Agustus 2011

Sejarah Komputer


Sebelum kita mengenal lebih jauh apa itu Komputer ada baiknya kita harus mengetahui sejarah perkembangannya sehingga sampai tercipta bentuk komputer yang kita lihat sekarang ini.
Definisi komputer itu seperti yang di jelaskan pada tulisan Pengertian Komputer yang dikemukakan oleh para fakar dapat dirangkum sehingga ditemukan pengertian secara umum berikut : 
Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
Tidak terlepas dari kemampuan komputer itu, kita bisa mengurai sejarah lewat kejadian-kejadian penting yang melahirkan sistem komputer :
Berikut ini daftar kejadian penting yang signifikan dalam sejarah komputer sebagaimana termuat dalam buku "Upgrading and Repairing PC edisi 14" tulisan Scott Muller.
1617 : John Napier menciptakan Napier's Bones", balok kayu yang digunakan untuk menghitung.
1642 : Blaise Pascal memperkenalkan mesin penambahan digital, Pascaline.
1822 : Charles Babbage membuat Difference Engine dan berikutnya Analytical Engine, sebuah mesin komputasi yang sesungguhnya bersifat general purpose.
1906 : Lee De Forest mematenkan vacuum tube (tabung hampa) triode, digunakan sebagai switch elektronik paada komputer elektronik yang pertama
1937 : John V. Atanasoff mulai mengerjakan Atanasoff-Berry Computer (ABC), yang nantinya secara resmi dinilai sebagai komputer elektronik yang pertama.
1943 : Alan Turing mengembangkan Colossus, sebuah komputer pemecah kode rahasia milik Inggris yang didesain untuk mendecode pesan-pesan rahasia Jerman.
1945 : John van Neumann menulis "First Draft of a Report on the EDVAC", dimana dia menjelaskan secara garis besar arsitektur komputer modern stored-program.
1946 : ENIAC diperkenalkan, sebuah mesin komputasi elektronik yang dibuat oleh John Mauchly dan J. Presper Eckert.
1947 : Pada tanggal 23 Desember 1947, William Shockley, Walter Brattain, dan John Bardeen, dengan sukses menguji transistor point contact, memperkuat adanya revolusi semikondukktor.
1949 : Maurice Wilkes merakit EDSAC, komputer stored-program praktikal yang pertama, di Cambridge University.
1950 : Engineering Research Associates of Minneapolis membuat ERA 1101, salah satu komputer yang pertama kali diproduksi secara komersial.
1952 : UNIVAC I yang dikirim ke Biro Sensus AS adalah komputer komersial yang pertama menarik perhatian publik.
1953 : IBM meluncurkan "701" komputer elektronik pertamanya.
1954 : Transistor junction berbasis silikon, disempurnakan oleh Gordon Teal dari Texas Instrumen, Inc., membuat biaya produksi berkurang dengan cukup signifikan.
1955 : Bell Laboratories mengumumkan komputer pertama yang fully transistorized, TRADIC.
1956 : Para peneliti MIT membuat TX-0, komputer pertama yang general purpose dan dapat diprogram, yang disertai transistor.
1956 : Era penyimpanan disk magnetik menurun dengan dikeluarkannya 305 RAMAC oleh IBM, untuk Zellerbach Paper di San Fransisco.
1958 : Javk Kilby menciptakan sirkuit pertama yang terintegrasi di Texas Instruments untuk membuktikan bahwa resistor dan kapasitor dapat tersedia di bagian yang sama

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Posting Komentar

Berita Populer

 

adi global | belajar bersama anda Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha