Rabu, 14 September 2011

Makna di Balik Logo Apple


Alan Turing bisa disebut sebagai orang yang paling berjasa bagi Inggris di era Perang Dunia II. Lelaki jenius ini berhasil memecahkan kode rahasia pasukan Jerman yang dibuat menggunakan mesin Enigma. Dengan terpecahkannya kode itu Angkatan Laut Inggris berhasil menghancurkan kapal-kapal Hitler dalam perang di Samudera Atlantik.


Tragisnya, dua minggu sebelum ulang tahunnya yang ke 42, Alan turing ditemukan meninggal dengan kandungan racun sianida tinggi dalam tubuhnya. Saat meninggal itu, ditemukan pula sebuah apel yang tidak lagi utuh di samping jasadnya. Dikatakan bahwa Turing telah bunuh diri dengan memakan apel yang telah ia rendam dalam sianida.
  
Nah, terus apa hubungannya denga logo Apple?

Anda tahu ada sejumlah logo Apple yang bisa Anda temukan ketika mencarinya di Google image. Dari semua logo itu, ada sebuah logo Apple dengan desain pelangi 6 warna. Itulah logo original Apple yang dibuat oleh desainer Rob Janoff.

Bertahun-tahun banyak pihak mengatakan itulah arti di balik logo Apple. Gigitan pada apel itu dikatakan sebagai simbol dukungan terhadap komunitas gay. Lho? Iya, ini karena Alan turing disebut-sebut sebagai seorang gay dan memilih bunuh diri karena depresi. Adanya apel yang tak utuh di sebelah jasadnya juga disebut sebagai ide dasar dari pembuatan logo Apple.

Lalu adanya 6 warna pelangi pada logo Apple original juga menguatkan dugaan akan dukungan Apple terhadap kuminitas gay. Ini karena komunitas LGBT (Lesbian, Gay, Bisexual, and Transgender) memiliki bendera sendiri dengan 6 warna pelangi.

Apakah memang begitu?
Sebuah interview yang dilakukan MacFormat dengan Rob Janoff, si desainer logo Apple, ternyata memupus semua pendapat di atas:




“Tidak ada makna tersembunyi dari 6 warna itu. Itu mewakili kemampuan komputer Apple untuk menampilkan warna. Warna hijau saya letakkan di bagian atas untuk memadukan dengan warna daun yang juga hijau. Dan kenapa apel itu dalam keadaan tidak utuh/tergigit? Wajar saja karena semua orang suka menggigit apel.”

Jelas sudah, Janoff membuat logo Apple tanpa tendensi apapun untuk mendukung satu komunitas satu atau lainnya. Mitos yang telah lama dipercaya tentang makna di balik logo Apple itu, harus berhenti di sini.

Sumber : kaskus

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Posting Komentar

Berita Populer

 

adi global | belajar bersama anda Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha