Kamis, 18 Agustus 2011

Membuat Blog di Blogspot


Ngeblog adalah suatu kegiatan menulis sesuatu di Blog. Sedangkan Blog adalah sebuah website pribadi yang di sediakan secara gratis oleh menyedia layanan blog. Beda antara blog dengan sebuah website adalah pada jumlah kontent serta fasilitasnya. Blog hanya semacam lembaran kecil dari sekian banyak lembaran yang tersedia di suatu hosting. Blog bekerja pada hosting induk, sedangkan website mempunyai hosting tersendiri yang kapasitasnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Nama blog biasanya akan diikuti oleh nama penyedia sedangkan website bisa dibuatkan domain sendiri, walaupun kadang orang akan mengganti nama blog dengan nama domain yang dia beli pada penyedia jasa layanan.

Banyak penyedia jasa blog gratis yang bertebaran di internet, contoh yang terkenal adalah Blogspot (www.blogger.com) dan Wordpress (www.wordpress.com). Pada tulisan ini saya akan coba untuk mengangkat cara pembuatan blog pribadi di blogspot.

Tahap awal yang harus di persiapkan tentunya email (electronic mail) saya sarankan Anda menggunakan email dari google (gmail) supaya Anda bisa menggunakan seluruh fasilitas yang diberikan oleh google, seperti Blogspot, Picassa, dll.
Ok....saya rasa Anda sudah memiliki account email di gmail, jika belum silahkan baca di postingan cara membuat email di gmail.

Proses Pembuatan Blog
  1. Silahkan buka browser web Anda, lalu pada kotak address ketik : www.blogger.com
  2. Setelah Anda dihadapkan pada halaman blogger.com pilih Buat Blog. 
  3. Isikan kotak isian yang ditampilkan sesuai dengan keinginan Anda :
  • Judul Blog : isikan sesuai dengan judul dari blog Anda yang akan muncul di title bar (Contoh : blog pribadiku)

  • Alamat Blog (URL) : isikan sesuai dengan alamat blog yang Anda inginkan (contoh : blogpribadiku) lalu klik cek ketersediaan
  • Jika memang alamat blog sudah terpakai oleh bloger lain, maka akan muncul tulisan peringatan dengan warna merah bertuliskan : Maaf, alamat ini tidak tersedia
  • Ganti alamat blog dengan alamat yang lain namun menjadi alamat kesukaan Anda
  • Isikan kode perifikasi pada kotak yang disediakan
  • Jika alamat yang Anda masukkan sudah disetujui dan tersedia lanjutkan dengan memilih tombol lanjutkan yang terdapat pada bagian bawah halaman browser.

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Posting Komentar

Berita Populer

 

adi global | belajar bersama anda Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha