Kamis, 18 Agustus 2011

Mengenal Perangkat Komputer Bag. I


Tulisan kali ini saya akan menguraikan sedikit tentang perangkat-perangkat komputer, semoga bisa dijadikan bahan pengetahuan bagi rekan-rekan yang ingin menambah wawasan dengan perangkat komputer.
Perangkat komputer umumnya kita sebut dengan nama Device, yaitu komponen yang saling mendukung sehingga terbentuknya sebuah komputer yang utuh. Device di kelompokkan menjadi 3 kelompok sesuai dengan fungsinya masing-masing. Sebagai gambaran bisa digambarkan dalam bentuk skema berikut ini :
Gambar bagian-bagian Komputer

1. INPUT DEVICE
Input device (perangkat masukan) adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer.
Contoh dari input device adalah :
a. Keyboard
keyboard adalah perangkat untuk memasukkan data teks dan karakter-karakter ASCII kedalam perangkat proses komputer. Pembahasan lebih detail mengenai keyboard komputer akan di bahas pada tulisan berikutnya.
Contoh keyboard komputer
b. Mouse
Mouse merupakan alat penunjuk (pointer) pada komputer untuk memilih dan menjalankan aplikasi yang terpasang didalam komputer dengan perintah klik. Untuk sistem operasi berbasis GUI (Sistem Operasi berbasis GUI) mouse adalah sebuah keharusan. Karena dengan mouse akan mempermudah dalam pengoperasian sistem operasi dan aplikasi.
Mouse Standard


c. Scanner
Scanner walaupun tidak harus ada dalam sebuah perangkat komputer, tapi bisa di kategorikan sebagai alat input. Scanner digunakan untuk proses input data teks, gambar dan graphik lainnya.(Scanner akan di kelompokkan sesuai dengan fungsi dan kegunaannya dan akan di bahas pada tulisan berikutnya)
Scanner


d. Joystick
Joystick memiliki fungsi yang hampir sama dengan mouse namun beda dalam penggunaan. Joystick banyak dipakai dalam menjalankan aplikasi-aplikasi Game pada komputer. Joystick didesain dengan variasi yang beragam sesuai dengan jenis game yang di jalankan.
Joystick


e. Microphone
Sebagai alat untuk menginput data suara (voice).
Microphone


(bersambung  Mengenal Perangkat Komputer Bag. II...)

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Posting Komentar

Berita Populer

 

adi global | belajar bersama anda Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha